Pages

Senin, 10 Desember 2012

memori tentang mubadzir

 
apakah anda selalu menghabiskan makanan dan minuman anda? ketika saya melihat di pesta-pesta, atau suguhan tamu-tamu, seringkali saya melihat mereka tidak menghabiskan makanan atau minumannya. saya teringat kejadian semasa sekolah aliyah dulu. saya mengamati beberapa teman, entah apa motifnya sering memubadzirkan makanan dan atau minuman. kalau pas jajan, seringkali makanan/ minuman tidak dihabiskan. pernah saya melihat seorang teman makan gorengan baru beberapa gigit, langsung ia buang. yang paling parah sewaktu pulang sekolah, saya lihat kakak kelas, setelah makan sambil membawa es teh yang belum habis, ia menuju ke belakang warung yang langsung tembus ke sungai. dia kencing di sana. setelah melepas hajatnya dia pamerkan ke teman-temannya bagaimana ia cebok pake es teh.
"bajingan, wong edan tenan iki, bocah aliyah kok ga paham fikih." batinku.
hingga suatu hari, saat istirahat, saya menemani teman saya jajan di kantin sekolah. dia jajan beberapa makanan ringan dan es minuman instan. baru beberapa sedot dia telan minuman itu, dia sudah sia-siap membuangnya ke tempat sampah. dengan gaya robot, akhirnya dia lepaskan minuman dalam plastik itu. beberapa detik sebelum minuman itu benar-benar jatuh ke tempat sampah, tangan saya menyambarnya. minuman itu selamat berada di genggaman saya.
"daripada kamu buang, mending tak minum aja." kata saya kepadanya.
teman saya malah muji-muji saya, "wuiizz edyan, gerakanmu kaya jetli ngono mas."

saat ini saya berpikir, gerakan itu kalau dibuat slow motion bagus kali ya. saya sendiri lupa caranya. disuruh mengulanginya lagi mungkin saya ga bisa. atau itu mungkin karena sangking hausnya saya saja. hahaha...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...