Pages

Jumat, 19 Oktober 2012

Status Facebook [Refleksi II]




beberapa ide dan gagasan biasanya saya tuliskan di facebook. terkadang saya lupa pernah menuliskannya. maka saya dokumentasikan beberapa status facebook yang menurut saya menarik. sehingga jika suatu saat saya membutuhkannya. saya tinggal mencarinya di sini:

----
"biar malam memelukmu dengan hening. angin mengusap penat kepalamu hingga dingin. tidurlah sayang, dunia hanya mimpi kehidupan. seperti 
mimpi yang akan menjemputmu dalam lelap. jika esok kau tak bangun, berarti kau telah terjaga ke kehidupan sebenarnya."
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/389415641069549
"ruang menyekat kehampaan jadi berbili-bilik. mengiris waktu hingga berlapis-lapis. memisahkan muara dari hulunya. meretasku darimu. tuhan, dengan dan tanpa cahayamu, semuanya semu semaya bayang.
allahu nurus-samawati wal-ardhi.
tuhan cahaya langit dan bumi"
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/391338464210600
"jika kau hanya memandang seleksi alam, alam memang terlihat kejam. spesies satu membunuh dan memakan spesies lain. namun di balik itu, sebenarnya hukum alam sedang memainkan harmoni semesta raya yang bersenandung mensucikan dan mencerminkan sifat-sifat-Nya"
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/396187670392346
"kau takkan tahu bagaimana nikmatnya percaya itu sebelum kau mengalami betapa nikmatnya siksaan rasa ragu dalam pencarian"
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/400032770007836
"sebagus dan sejelek apapun makna dari namamu, namun orang tidak akan mengenang namamu karena artinya. yang mereka kenang adalah apa yang kau perbuat. terserah kau mau memilih nama yang terpenjara makna atau memberi makna kepada nama yang dinisbatkan padamu"
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/403797072964739
"setiap hirup-tiup nafas, hidup-matiku aku tak punya kuasa. bagaimana kau bisa menitipkan asa?"
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/413565685321211
"atas tak terbatas. bawah tak berdasar. apa itu batas apa itu dasar? mereka itu khayalan.
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/414115728599540
"Jika kesabaran adalah seni membohongi nafsu, maka pisuhan menjadi ekspresi paling jujur untuk mengungkapkan isi hati."
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/427856230558823
"Kalau saya boleh berspekulasi, Hierarki bahasa jawa; ngoko, krama madya, krama inggil adalah warisan budaya hindu. Perbedaan tingkatan bahasa menunjukkan adanya kasta-kasta."
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/429368833740896
"kata, lama tak tumpah. sumpah serapah sesak mendesak benak. kebisuan ini menulikan telinga. teriak kejujuran itu pisuhan"
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/444751128869333
"Bagaimana kalau kukatakan warna itu ilusi? Sehingga bersih tak cukup terwakili oleh satu warna. Maka warna tertentu tak mampu menentukan mana yang eksotis dan mana yang cantik. Bersih, eksotis, cantik itu warna warni."
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/447119068632539
"[tu]lisan-[tu]lisan berisik mengabarkan keadaan. Huruf-huruf terlalu panjang berbaris merangkai pikiran.
Kata-kataku habis ditelan spasi. Apa yang kau baca di selembar sepi?
Kau terlalu tahu yang telah dan akan tiba. Kau terlalu faham bahkan saat aku diam."
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/452395284771584
"orang terlalu sering "membaca" sehingga lupa untuk tidak membaca. orang terlalu sering berfikir sehingga lupa untuk berhenti berfikir. kita terlalu banyak berpendapat sehingga lupa untuk diam.
padahal dengan diam, kita bisa mendengarkan suara "ada" menyingkapkan dirinya sendiri. diam berarti "mencoret" segala prapaham yang menyelimuti pemikiran kita. diam memungkinkan kita untuk dapat merasakan "peristiwa sabda" terjadi. sebagaimana yang dialami sahabat Umar ketika membaca penggalan surat thaha."
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/464609826883463
"dalam gelap kau akan tahu apa yang sebenarnya ada dan mengadakan segala sesuatu. ya, hanya dialah cahaya langit dan bumi"
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/471404156204030
"idenya mendikte tiap huruf yang kutulis. suaranya menyatu dan menggetarkan pita suaraku. kata-katanya terucap dari mulutku.
uninang unineng uninung.
* wahyu takkan habis dituangkan dalam lembaran-lembaran kertas. batu dan gunung akan pecah, lautan pun tumpah tak kuasa menerima kehadirannya. hanya hati seorang hamba yang mampu menjadi ruang untuk dia bersemayam."
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/472328619444917
"apa yang kita sebut berita belum tentu fakta. ternyata banyak sandiwara di dunia nyata. dan apa yang kita sebut karya fiktif ternyata adalah cermin dari kenyataan sebenarnya.
> dunia adalah panggung sandiwara
> urip mung mampir ngombe
= apa yang bisa diminum kalau minumnya saja sandiwara?"
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/476210052390107
"bagi para cowok, jangan sebut nama allah jika lihat cewek cantik, apalagi pake bikini. menurutku itu bukan mulutnya saja yang dzikir tapi dzakarnya juga ikut tahiyyat.
asuueem, wadon kae semledot tenan..."
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/476628875681558
"jika anda telah menahan lapar dan dahaga seharian (apalagi yang tidak sahur), lalu ketika akan berbuka roti yang telah anda persiapkan dari tadi dikeroyok semut, bagaimana perasaan anda?
di sini sikap anda sebagai khalifah di bumi sedang diuji."
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/481606828517096
":: menjawab pertanyaan seorang teman tentang sholat itu apa..? kenapa harus sholat..?
pertanyaan ini bisa melebar ke ibadah-ibadah ritual lainnya.
---
oh wahai pencinta, kau ini sedang merindu, tapi tak tau kenapa kau merindu. sang kekasih mengirimimu surat dan menyuruhmu membalasnya, kau malah bertanya apa itu surat? kenapa juga harus membalasnya? oh iya aku lupa, sekarang kan sudah bisa chating dan video call...
memang. berhubungan dengan sang kekasih itu bebas dan terserah masing-masing pencinta. namun jika sang kekasih telah memilihkan jalan terbaik untuknya apakah ia masih ingin mencari jalan yang lain? terserah.
kurasa cinta, bersabarlah,,,, menantinya.
teruslah bertanya tapi tetap bersabarlah menempuh jalan yang telah dipilihkannya. walau kita belum menemukannya, bersabarlah, bersabarlah. kalau kita berhenti, apalagi berpaling, barangkali kita tidak tahu bahwa sebenarnya kita sudah dekat dengan tujuan?
---
* ah untuk apa surat-suratan, chatting dan video call kalau wajahmu selalu tampak di setiap yang kulihat, suaramu senantiasa menggema tiap kali gendang telinga tergetar? oh ternyata semua itu hanya bayangmu, sekedar penampakkanmu. apakah aku harus puas bercinta dengan bayang-bayang? maka surat-menyurat, chatting dan video call adalah laku katresnanku untuk menemuimu yang inti, yang hakiki."
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/485066864837759
"AKU TIDAK MEMILIKI TUHAN. bagaimana mungkin manusia bisa merasa memiliki tuhan, padahal setiap pemilik itu pasti berkuasa atas apa yang dimilikinya? apakah kita ini berkuasa melebihi kuasanya, padahal setiap apa yang melekat pada diri kita hanyalah pinjaman darinya? AKU TIDAK MEMPUNYAI TUHAN, tapi DIALAH YANG MEMILIKI AKU.
:: ta'lamu maa fii nafsii walaa a'lamu maa fii nafsik... (engkau tahu segala yang ada pada diriku, namun aku tak tak tahu apa yang ada pada dirimu...) ~nabi Isa AS dalam QS. al-maidah (5): 116
* kesalahan cinta iblis adalah dia merasa memiliki Tuhan seutuhnya sehingga ketika tuhan memilih kekasih selain dirinya, dia cemburu dan merasa besar diri atas yang lain.
:: I can sense your presence in my heart although you belong to all the world... (aku dapat merasakan hadirmu dalam hatiku kendati kau milik seluruh alam raya). ~Mawlana Rumi"
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/486776288000150
"ketika kau terus mencari tetapi tak kunjung ketemu. kalau kau telah lelah berusaha namun berhasil nihil. jika kau senantiasa berdoa dan merasa tak pernah dikabulkan. kau pun sudah tabah menahan derita berkepanjangan.
pasrahlah. seperti pasrahnya dawai yang dipetik, seperti seruling yang ditiup, seperti biola yang digesek, seperti drum yang digebuk. lalu dengarlah betapa indah melodi yang dia mainkan."
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/498256980185414
"kau kira mampu merangkum tuhan dalam satu nama? jika tuhan dapat didefinisikan dalam sebuah nama, bukankah itu berarti tuhan bisa ditunjuk "hidung"nya? ini lho yang namanya tuhan, yang itu bukan, yang itu juga bukan. begitukah?
tidak ada satupun nama yang mampu mewakili dzatnya. karena dia meliputi segalanya, maka segala sesuatu mencerminkan sifat-sifat dan nama-namanya dalam keterbaasan masing-masing. oleh karenanya jangan menyalahkan mereka yang memanggilnya dengan sebutan apapun! Allah, Tuhan, Sang Hyang, atau nama apapun adalah ungkapan ketidak-berdayaan kita untuk menyebut dia yang tak terdefinisi. jangan berhenti di sekedar nama! kau akan tersesat, dan menganggap nama itulah yang kau sembah. Allah, Tuhan, Sang Hyang atau nama apapun akan menjadi berhala.
:: ma ta'buduuna min duunihi illaa asmaa'an sammaitumuuhaa antum wa aabaa-akum, maa anzala-llaahu biha min sulthaan. (apa yang kalian sembah selain dia (tiada lain) hanyalah nama-nama yang kalian dan nenek moyang kalian sebut untuk menamakannya, (padahal) Allah tidak menurunkan kekuasaan padanya). ~QS. Yusuf (12): 40"
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/499018436775935
"malam [adalah] selimutku atas rutinitas yang yang tak pernah tuntas.
> kata "adalah" merupakan kata kasar. dia selalu menyalahkan segala imajinasi kita tentang kata yang berada di depannya. oleh karenanya, ia harus diberi tanda kurung, atau dicoret, tapi tetap ditampakkan teksnya. karena kita memang masih membutuhkannya.
> tafsir adalah usaha mendefinisi. maka kita juga harus memberi tanda kurung dan mencoret semua penafsiran termasuk tafsir kita sendiri. kita harus mempertanyakannya kembali. jika tidak, ia meng-aborsi munculnya tafsir yang baru.
selamat menafsirkan. :)"
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/510271862317259
"diancuuk......
kali ini saya hanya ingin benar-benar misuh.
tanpa mengutip teks agama sebagai pembenaran. tanpa argumen untuk berapologi. tanpa menyebut obyek yang dipisuhi. dan pisuhku ini kata kerja bukan kata benda.
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/513767021967743
"pilihanku ini benar-benar medeka atau terpengaruh iklan-iklan? atau ah memang sudah kehendak tuhan?"
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/513769875300791
"almost every time we use our logic, our power to make decision. while we often deny our deep conscience and ignore needs of other.
sometimes it's difficult for us to distinguish which one is sensitivity or just our very fearful. then, are we consider that all we have is only skepticism?"
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/514049145272864
"dalam cinta tak ada separuh kau dan aku.
kau harus luruh kedalam seluruh aku."
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/514070531937392
"ikhlas itu tak semudah mengatakannya. ternyata ikhlas yang kudapat selama ini masih sebatas informasi. ia belum menjadi ilmu yang rasanya langsung kucecap sendiri. aku sudah melihat samudra itu, namun aku belum menyelaminya."
http://www.facebook.com/tirta.nirwana/posts/514073805270398
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...