Pages

Rabu, 01 Agustus 2012

Doa Rabi'ah dari Basrah







Wahai Tuhanku,
Apapun jua bahagian dari dunia kini yang akan kau anugerahkan padaku, anugerahkan itu pada musuh-musuh-Mu dan apa pun jua bahagian dari dunia akan tiba.

Wahai Tuhanku,
Urusanku dan gairahku di dunia kini dan dunia akan tiba adalah semata mengingat Dikau di atas segalanya. Dari kesegalaan di semesta ini pilihanku adalah berangkat menemui-Mu. Inilah yang akan kuucapkan kelak "Dikaulah segalanya."

Wahai Tuhanku,
Tanda paling permata dalam hatiku adalah harapanku pada-Mu dan kata paling gula di lidahku adalah pujian pada-Mu dan waktu paling kurindu adalah jam ketika aku bertemu dengan Kau.

Wahai Tuhanku,
Aku tak dapat menahankan hidup duniawi ini tanpa mengingat-Mu dan bagaimana mungkin daku hidup di dunia akan tiba tanpa menatap wajah-Mu?

Wahai Tuhanku,
Inilah keluhanku. Daku ini orang asing di kerajaan-Mu dan mati kesepian di tengah-tengah penyembah-Mu.

Wahai Tuhanku,
Jangan jadikan daku kelewang di tengah penakluk perkasa. Jelmakan daku jadi tongkat kecil penunjuk jalan bagi si orang buta.

Wahai Tuhanku,
Jangan jadikan daku pohon besar yabng kelak jadi tombak dan gada peperangan. Jelmakan daku jadi batang kayu rimbun di tepi jalan tempat musafir berteduh memijat kakinya yang lelah.

Wahai Tuhanku,
Sesudah daku mati, masukkan daku ke neraka dan jadikan jasmaniku memenuhi seluruh ruang neraka sehingga tak ada orang lain dapat dimasukkan ke sana.

Wahai Tuhanku,
Bilamana daku menyembah-Mu karena takut neraka, jadikanlah neraka kediamanku. Dan bilamana daku menyembah-Mu karena gairah nikmat di surga, maka tutuplah pintu surga selamanya bagiku

Tetapi apabila daku menyembah-Mu demi Dikau semata, maka jangan larang daku menatap keindahan-Mu yang abadi.

> teks: Taufik Ismail
> original: Rabi'ah al-Adawiyyah

:: cinta tak butuh perumpamaan selain "jika kau air, aku air." cinta [sejati] bukan transaksi (kau jual, aku beli). cinta menolak segalanya selain ia, sang kekasih. adam menjadi mulia bukan hanya karena sujudnya malaikat, tapi juga karena penolakan iblis. cinta juga tak butuh konfirmasi. cinta adalah merelakan "aku" lenyap untuk menjadi dia sang kekasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...